Keistimewaan Khadijah dan Aisyah, Dua Istri Rasulullah yang Begitu Spesial

Keistimewaan Khadijah dan Aisyah, Dua Istri Rasulullah yang Begitu Spesial

Keistimewaan Khadijah dan Aisyah, Dua Istri Rasulullah yang Begitu Spesial--

MAGELANG EKSPRES- Khadijah binti Khuwailid dan Aisyah binti Abu Bakar adalah dua istri Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam yang begitu spesial.

Keduanya mempunyai kekhususan yang tidak dimiliki oleh istri-istri Rasulullah lainnya.

Khadijah adalah istri pertama dan juga salah satu sosok yang paling penting dalam kehidupan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam.

Dan Aisyah adalah  istri ketiga Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam yang memiliki peran sentral dalam sejarah Islam.

BACA JUGA:Kisah Saudah, Istri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang Taat dan Menyenangkan

Rasulullah tak pernah bisa melupakan Khadijah meskipun telah meninggal dunia dan Beliau juga menikah dengan Aisyah dan istri-istri yang lain. Bahkan Aisyah pun sempat cemburu ketika Rasulullah menyebut nama Khadijah.

Demikian pula dengan Aisyah adalah seorang perempuan yang paling dicintai Rasulullah. Ketika ada seorang sahabat menanyakan tentang seorang perempuan yang paling dicintai.  Kata Rasulullah, "Aisyah."

Kemudian muncul pertanyaan, mana yang lebih istimewa, Aisyah ataukah Khadijah?

Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasisyariah.com) menjelaskan bahwa  Khadijah dan Aisyah sama-sama mempunyai jasa besar dalam membantu perjuangan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam menyebarkan agama Islam.

Pernikahan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Aisyah radhiyallahu ‘anha, diisyaratkan melalui mimpi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan mimpi para nabi adalah wahyu.

BACA JUGA:Kisah Khadijah, Istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Wanita Terbaik Pertama Masuk Islam

Dalam sebuah hadis dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada beliau,

أُرِيتُكِ فِى الْمَنَامِ ثَلاَثَ لَيَالٍ جَاءَنِى بِكِ الْمَلَكُ فِى سَرَقَةٍ مِنْ حَرِيرٍ فَيَقُولُ هَذِهِ امْرَأَتُكَ. فَأَكْشِفُ عَنْ وَجْهِكِ فَإِذَا أَنْتِ هِىَ فَأَقُولُ إِنْ يَكُ هَذَا مِنْ عِنْدِ اللَّهِ يُمْضِهِ

Kamu diperlihatkan kepadaku dalam mimpi selama tiga malam. Seorang malaikat datang membawamu kepadaku dengan tutup sepotong sutera.” Malaikat itu berkata, “Inilah isterimu!” Kemudian aku buka cadar wajahmu dan ternyata ia itu adalah kamu. Akupun, ‘Jika mimpi ini berasal dan Allah, niscaya Dia akan mewujudkannya.” (HR. Bukhari 3895 & Muslim 6436)

Melalui pernikahan beliau, lanjutnya, maka umat Islam mendapatkan keberkahan yang luar biasa. Aisyah dikenal wanita yang cerdas, mudah menghafal, memahami, dan fasih dalam berbahasa, Sehingga banyak sekali kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam rumahnya atau kegiatan beliau bersama keluarganya termasuk fikih terkait rahasia wanita, yang dijelaskan oleh Aisyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: