Dosen Poltekkes Semarang Optimalisasi Peran Kader Melalui Pengabdian Masyarakat Kota Magelang

Dosen Poltekkes Semarang Optimalisasi Peran Kader Melalui Pengabdian Masyarakat Kota Magelang

Dosen Poltekkes Kemenkes Semarang menggelar pengabdian masyarakat optimalisasi peran serta kader dalam mencegah dan menangani masalah kesehatan, 30 Agustus hingga 6 September 2024-DOK-POLTEKKES SEMARANG

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM — Dosen Poltekkes Kemenkes Semarang menggelar pengabdian masyarakat optimalisasi peran serta kader dalam mencegah dan menangani masalah kesehatan, 30 Agustus hingga 6 September 2024.

Sekelompok dosen itu terdiri dari Ketua Suyanta SPd SKep Ners MA bersama dengan anggota Sunarko SPd Ners MMed Ed, dan Drs Moh Hanafi Ners MKes, termasuk 5 mahasiswa Program Studi Keperawatan Magelang.

Mereka tergabung dalam tim pengabdian kepada masyarakat, melakukan pelatihan dan pendampingan kader dalam mencegah dan menangani masalah kesehatan dan psikososial pada lansia.

Kegiatan dilakukan selama dua kali pada tanggal 30 Agustus dan 6 September 2024 dan diikuti oleh 40 orang Kader Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ) Kelurahan Kramat Utara.

BACA JUGA:Dosen Poltekkes Kemenkes Semarang Beri Edukasi Pencegahan Stunting

Pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa itu dilakukan karena tujuan guna meningkatkan pengetahuan serta memberikan motivasi kepada kader DSSJ Kelurahan Kramat Utara, Kota Magelang dalam upaya mencegah dan menangani masalah kesehatan dan psikososial para lansia.

Kegiatan diselenggarakan atas biaya DIPA Poltekkes Kemenkes Semarang tahun 2024.

Selama pelaksanaan kegiatan bekerjasama dengan Soerojo Hospital yang diwakili oleh Ns Nurul Hidayati SKep, dan Dinas Kesehatan Kota Magelang.

BACA JUGA:Marak Virus Monkeypox, Dinkes Kota Magelang Imbau Masyarakat Lakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dr Istiqomah mengatakan lansia merupakan salah satu prioritas layanan kesehatan yang menjadi perhatian pemerintah.

Oleh karena itu peranan dan kerja sama kader sangat membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat sehat di Kota Magelang.

Istiqomah juga menyampaikan terima kasih kepada Poltekkes Kemenkes Semarang yang telah secara rutin melakukan pengabdian kepada masyarakat.

BACA JUGA:Bawaslu Temanggung Fokus Awasi Netralitas ASN dan Politik Uang

Hal itu, katanya, sangat bermanfaat dan membantu masyarakat secara nyata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres