Si Keris Kujang Inovasi Magelang Tengah Wujudkan Transparansi Pengelolaan Keuangan

Si Keris Kujang Inovasi Magelang Tengah Wujudkan Transparansi Pengelolaan Keuangan

Camat Magelang Tengah, Praditya Dedy Heryanto bersama lurah dan pengelola keuangan se Magelang Tengah mengikuti mini workshop sosialisasi Si Keris Kujang di Borobudur Golf International, Rabu, 2 Oktober 2024-IST-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM -- Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang sukses menciptakan terobosan inovasi gemilang, untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan.

Inovasi visioner tersebut diciptakan oleh Kasubbag Program dan Keuangan Kecamatan Magelang Tengah, Andar Tri Wahyuli SE MM.

Menurut Andar, inovasi yang dinamai Sistem Kendali dan Verifikiasi Keuangan Berjenjang atau Si Keris Kujang ini adalah upaya pihaknya menciptakan sistem transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan dengan meningkatkan kendali, di setiap transaksi keuangan yang pemerintah lakukan.

BACA JUGA:Inovasi Kramat Selatan Magelang, Mitigasi Stunting Lewat Aplikasi Sesi Penting

Latar belakang Si Keris Kujang ini, kata Andar, adalah wujud aksi perubahan kinerja pelayanan publik.

Jadi aplikasi berbasis teknologi ini diciptakan dalam rangka menjadi solusi karena persoalan belum optimalnya pengelolaan keuangan.

"Kondisi ini jika dibiarkan tanpa intevensi akan berdampak pada akuntabilitas pengelolaan keuangan yang rendah. Oleh karena itu, Si Keris Kujang mampu membantu Pemerintah Kecamatan Magelang Tengah mengelola anggaran dengan lebih baik, efisien dan efektif, serta mengurangi kesalahan dalam alokasi anggaran," jelasnya, Rabu, 2 Oktober 2024.

BACA JUGA:Magelang Utara Ciptakan Simponi Rodanya Mas Bagia, Bukti Transparansi dan Akuntabel

Aksi Perubahan Si Keris Kujang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Pasalnya, informasi tentang pelaksanaan kegiatan menjadi lebih akurat.

"Tidak hanya itu, program dan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya. Termasuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat lebih efisien, tepat sesuai sasaran," imbuhnya.

BACA JUGA:SI MONALISA : Melalui Aplikasi Ini Alumni Program Pelatihan di Kota Magelang Terdata Rapi

Aksi Perubahan ini, kata Andar, dapat digunaan sebagai sumber penelitian, sebagai bahan kajian akademisi, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan sistem, maupun pembelajaran praktis.

Sementara itu, Camat Magelang Tengah, Praditya Dedy Heryanto SSTP MSi saat membuka acara mini workshop di Borobudur Golf Internasional, turut memberikan apresiasi peluncuran Si Keris Kujang.

"Inovasi ini patut kita apresiasi bersama, karena membuktikan bahwa Magelang Tengah memfokuskan kepada pelayanan transparan dan akuntabilitas di bidang keuangan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres