Salurkan Bakat Siswa, SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Gelar Pensi

Salurkan Bakat Siswa, SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Gelar Pensi

LIFE SKILL. Salah satu stand lifeskill dalam kegiatan Pensi ‘Bangkit Indonesiaku ke-2’ dan Pameran P5 di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan.(Foto chandra yoga kusuma)--magelang ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Muntilan selenggarakan acara pentas seni (pensi) di lingkungan sekolah dari tanggal 24 Januari hingga 25 Januari 2022.

Kepala sekolah, Eddy Yusuf S. Pd. menyebutkan, PENSIBAKU 2 merupakan kelanjutan kesuksesan PENSIBAKU 1 yang telah dilaksanakan pada tahun 2022.

Kegiatan PENSIBAKU adalah ujian praktek seni budaya peserta didik kelas XII yang diselenggarakan secara terbuka untuk umum.

BACA JUGA:Selamat! Kinerja OPD Pemkot Magelang Triwulan IV 2022 Hijau

Kegiatan semakin meriah ketika diikuti 31 peserta lomba dari berbagai jenjang dari TK, SD/MI, dan SMP/MTS.

"Acara ini merupakan ajang bagi peserta didik untuk menyalurkan bakat seni budayanya. Seni yang ditampilkan diantaranya karawitan, tari kreasi, polisi cilik, Dayakan, topeng ireng, soreng, kobra, warok dan grasak, monolan, kuda lumping, gedruk. Acara bisa disaksikan secara langsung atau streaming Youtube SMA Muhammadiyah 1 Muntilan," terang Eddy.

Perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Muh Rofi, M.Pd, saat kegiatan PENSIBAKU 2, mengatakan selamat dan sukses atas eksistensi SMA Muhi.

Pengembangan budaya penting untuk Ukuwah Islamiyah. Muhammadiyah menghadirkan dan  memfasilitasi ruang-ruang  kebudayaan untuk peserta didik. Muhammadiyah sudah tepat dalam mengembangkan kreasi peserta didik.

Budaya melahirkan manusia yang berbudi halus, berpikiran cerah, terbuka, dan kaya akan imajinasi.

"SMA Muhammadiyah 1 Muntilan adalah sekolah yang unggul, berkemajuan dan bermanfaat bagi masyarakat," ucap Muh Rofi.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Provinsi Jawa Tengah, Dr. Nikmah Nurbaity, S.Pd., M.Pd.BI, menyampaikan rasa bangga dan  mengapresiasi kegiatan pensi tersebut luar biasa.

"Saat memasuki sekolahan disambut dengan pameran seni, pameran kewirausahaan, dan lifeskill. SMA Muhi membekali siswa dengan lifeskill, keterampilan hidup. Harapannya setelah peserta didik lulus bisa melanjutkan atau berwirausaha dalam berbagai bidang misalnya barber, wedding organizer, tata boga, tata busana, dan sebagainya. Kerja keras dan kerja sama dengan semua elemen menciptakan karya, koordinasi, dan kolaborasi yang keren," ungkap Nikmah, yang juga yakin acara pensi tersebut, bermanfaat dan menginspirasi untuk masyarakat.

Penonton memadati lingkungan SMA Muhi sejak pukul 08.00 WIB. Penonton semakin terpukau ketika melihat pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) fase E SMA Muhammadiyah 1 Muntilan.

Sementara siswa kelas XI aktif dalam pameran kewirausahaan. Tujuan acara yaitu membangun enterprenuer muda dengan kreativitas dan kemandirian untuk menopang perekonomian Indonesia. Acara semakin meriah dengan lantunan musik Khoirul Sekar Rimba CS.(adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres