8 Museum Magelang Punya Segudang Pelajaran Sejarah yang Wajib Kamu Kunjungi!

8 Museum Magelang Punya Segudang Pelajaran Sejarah yang Wajib Kamu Kunjungi!

7+ Museum Keren di Magelang yang Wajib Kamu Kunjungi!-yowen-visitmagelang

BACA JUGA:Pameran Kemanusiaan di Museum OHD Dihadiri Sejumlah Tokoh

Museum OHD pernah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tanggal 23 April 2012 dengan kategori "Gudang Tembakau yang Menjadi Museum dengan Koleksi Lukisan Indonesia Terlengkap Mewakili Setiap Periode." Penghargaan ini mengakui kekayaan koleksi seni Indonesia yang dimiliki oleh museum ini.

Secara keseluruhan, museum OHD Magelang adalah salah satu museum terlengkap di Indonesia bahkan di dunia, yang menyimpan kekayaan seni Indonesia dari berbagai periode dan jenis seni, serta memberikan peluang bagi seniman-seniman baru untuk berkarya.

Lokasi Museum OHD: Jl. Jenggolo No.14, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122.

2. Museum Karmawibhangga

Museum Karmawibhangga, juga dikenal sebagai Museum Borobudur, terletak hanya beberapa ratus meter di sebelah utara Candi Borobudur, sebuah candi Buddha abad ke-8 yang terletak di Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Museum ini menampilkan relief Karmawibhangga yang terukir pada kaki tersembunyi Borobudur, beberapa blok batu Borobudur yang terlepas, serta artefak arkeologi yang ditemukan di sekitar Borobudur dan berbagai situs purbakala di Jawa Tengah.

Selain itu, museum ini juga memamerkan struktur arsitektur Borobudur dan dokumentasi proyek pemugaran besar-besaran yang dibantu oleh UNESCO antara tahun 1975 dan 1982.

Bangunan museum ini didirikan dalam gaya arsitektur tradisional Jawa, dengan desain berbentuk rumah joglo lengkap dengan pendopo.

Museum ini merupakan bagian dari kompleks taman arkeologi Taman Wisata Candi Borobudur yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1983.

Lokasi Museum Karmawibangga: Taman Wisata Candi, Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553.

BACA JUGA:Fakta Candi Borobudur Dikelilingi Danau Purba yang Kering Sejak Tahun 660 M

3. Museum Kapal Samudraraksa

Museum Kapal Samudra Raksa adalah sebuah museum yang terletak di dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, dan resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia, Prof. Dr. Alwi Shihab, pada tanggal 31 Agustus 2005.

Museum ini bertujuan untuk menyajikan sejarah kemaritiman Nusantara dengan cara yang kreatif dan inovatif, dengan misi utama untuk memberikan pemahaman tentang sejarah maritim kepada masyarakat melalui visualisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: