MERIAH! Pawai Kebangsaan Warnai Hari Lahir Pancasila 2024 di Kota Magelang

MERIAH! Pawai Kebangsaan Warnai Hari Lahir Pancasila 2024 di Kota Magelang

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila digelar khidmat di Kota Magelang, setelahnya turut digelar pawai kebangsaan, Sabtu, 1 Juni 2024 lalu-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 disambut meriah masyarakat Kota Magelang. Diawali dengan upacara bendera di Alun-alun Kota Magelang, Sabtu, 1 Juni 2024 lalu dengan peserta berbagai elemen, mulai dari Pemkot, TNI, Polri, berbagai organisasi kemasyarakatan dan siswa siswi SMP SMA di Kota Magelang.

Usai upacara, pawai kebangsaan oleh masyarakat lintas agama dan etnis pun digelar.

Tak ketinggalan, berbagai kesenian tradisional, olahraga, seni kreatif, hingga seruan "Magelang Rumah Bersama" memeriahkan momentum tersebut.

BACA JUGA:Penuh Kekeluargaan, Paguyuban Mekanik Plat AA Gelar Acara Gathering Akbar

Pada kesempatan itu, Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengatakan, mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Magelang untuk memaknai peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai momentum untuk memperkuat keyakinan.

Termasuk juga mempertajam cara pandang serta membangun jati diri dan watak sebagai bangsa yang Pancasilais, maupun sebagai azas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Wakil Walikota Magelang, M Mansyur menuturkan, ideologi Pancasila adalah ideologi yang mengajarkan sikap toleran, keberanian, dan menghargai perbedaan setiap suku dan umat beragama di Indonesia.

BACA JUGA:Luncurkan Gelang Berkah, 3 SMP di Kota Magelang Terima Bantuan Sepeda

Menurutnya, kegiatan festival ini merupakan bentuk semangat nyata bersama dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa untuk saling berbagi, menghargai serta mengedepankan nilai-nilai Pancasila dengan semangat gotong-royong dalam bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara.

"Saya berharap melalui festival kebangsaan ini, selain sebagai wadah ekspresi anak bangsa khususnya generasi muda Kota Magelang, juga dapat dimaknai sebagai bentuk aktualisasi Pancasila di era milenial ini," katanya.

Dia juga berharap, festival kebangsaan tersebut senantiasa menjadi aktualisasi nilai-nilai Pancasila. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres