Program Tandonisasi Bikin Air PDAM Kota Magelang Bisa Mengalir 24 Jam

Program Tandonisasi Bikin Air PDAM Kota Magelang Bisa Mengalir 24 Jam

KEBIJAKAN. Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Magelang, Bambang Pulunggono menyebut kebijakan tandonisasi bisa jadi solusi layanan air 24 jam di Kota Magelang.--WIWID ARIF---MAGELANG EKSPRES—

"Di satu sisi, kita keterbatasan SDM untuk mengawasi bak komunal ini. Tapi kalau tandonisasi itu kan menjadi wewenang pribadi masing-masing. Nah, lebih efektif efisien kami kira daripada membangun bak komunal," ujarnya.

BACA JUGA:Sri Punganten Siap Alirkan Air Bersih 24 Jam untuk Warga Kota Magelang

Bambang mengatakan, program tandonisasi murni dari inovasi pihaknya, untuk mengatasi persoalan keterbatasan akses air terutama di wilayah Magelang Selatan.

"Gagasan (tandonisasi) menjadi inovasi kami sendiri. Karena fakta di lapangan, air itu kalau malam melimpah, tapi tidak ada bak penampungan mandiri, sehingga ketika di jam-jam sibuk biasanya suplaynya berkurang," ucapnya.

Sejauh ini, lanjut Bambang, pihaknya akan melihat sejauh mana efektivitas tandonisasi.

BACA JUGA:Mata Air Sripungaten Segera Tuntas, Masyarakat Magelang Selatan Tak Sulit Lagi Dapat Air Bersih

Jika mendapat animo tinggi dan persoalan keterbatasan suplay air bisa teratasi maka besar kemungkinan tandonisasi gratis akan dilanjutkan di tahun berikutnya.

"Yang jelas sekarang kita lihat dulu. Kalau nanti ke depan, ini jadi solusi tentu bisa kita kembangkan, dengan menggandeng CSR lain," paparnya.

BACA JUGA:Dishub Kampanyekan Magelang Bersepeda

Sementara itu, salah satu warga Jurangombo Utara, Sriyatun, yang mendapatkan program tandonisasi merasa sekarang tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih, bahkan ketika jam-jam sibuk.

"Pagi hari itu, kalau biasanya airnya cuma dikit. Tapi setelah ada tandon di pekarangan rumah yang ditanam, sekarang bisa ngalir kapanpun," akunya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres