Melihat Merti Dusun Igirmranak Wonosobo Tampilkan Tarian Berjudul Cangcut Tali Wondo

 Melihat Merti Dusun Igirmranak Wonosobo Tampilkan Tarian Berjudul Cangcut Tali Wondo

Tari-tarian yang berjudul "Cangcut Tali Wondo"peragakan oleh siswi SMP Negeri 1 Selomerto, akhir pekan lalu.-MOHAMMAD MUKAROM-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANG EKSPRES -- Sebanyak 5 personel tari turut memeriahkan Festival Merdi Dusun di Desa Igirmranak Kejajar Kabupaten WONOSOBO. Tari-tarian yang berjudul "Cangcut Tali Wondo" itu peragakan oleh siswi SMP Negeri 1 Selomerto, akhir pekan lalu.

Koreografer tari tersebut, Adina mengatakan judul tari yang bermakna pentingnya bergotong royong itu diciptakannya saat bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Wonosobo ke-198 pada Juli lalu.

"Tari ini kebetulan kita buat awalnya untuk merayakan HUT Wonosobo ke-198 dengan tema 'Cangcut Tali Wondo Nyengkuyung Wonosobo Raharjo,' dan kali ini kita pentaskan pada acara di Igirmranak karena temanya sama," katanya.

BACA JUGA:Simak Dialog Gus Iqdam dan Mbah Gendeng Hingga Isi Pengajian di Wonosobo

BACA JUGA:Merdi Dusun Igirmranak Wonosobo Usung Konsep Alami, Seperti Apa?

Diungkapkan, jenis tari tersebut adalah tari-tarian kolaborasi antara tari tradisional dan juga modern yang digarap sekira semingguan saja. Kemudian mengalami pengembangan gerakannya sampai dapat dipentaskan beberapa kali di sejumlah acara.

Acara Festival Merdi Dusun di Desa Igirmranak mengandung nilai makna serupa dengan judul tarian yang ditampilkan, yaitu saling berkerjasama untuk membersihkan dusun.

"Judul pada tarian ini sebetulnya mengandung makna luas, tidak hanya soal bersih-bersih lingkungan. Tapi lebih ke gotong royong terhadap semuanya. Hanya kebetulan kami diundang pentas, maka judul tari ini cukup relevan dengan kata Merdi Dusun itu sendiri," jelasnya.

BACA JUGA:EIB Tiba di Dieng Wonosobo Usai Keliling Indonesia Selama 424 Hari

BACA JUGA:Legenda Telaga Pengilon Wonosobo Dibalik Keindahan dan Ketenangan Sebagai Cerminan Sikap Manusia

Pementasan tari di Desa Igirmranak Kejajar tersebut merupakan penampilan kali ketiga yang digelar di sejumlah acara. Dirinya berharap, suatu saat produk koreografi tarinya menjadi salah satu tari-tarian yang unggul di Wonosobo.

Acara Festival Merdi Dusun digelar di lapangan Desa Igirmranak yang dihadiri oleh warga lokal, seniman, sesepuh, hingga pemerintah setempat dengan menampilkan beberapa kesenian tradisional lainnya.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Sempat Hilang, Bocah 2 Tahun Ditemukan dalam Kondisi Kedinginan di Wonosobo

BACA JUGA:Mitos Cukur Rambut Gimbal di Wonosobo, Bila Permintaan Anak Tak Dituruti Gimbal Bisa Tumbuh Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres