Mahasiswa KKN Untidar Gandeng BPBD Kabupaten Magelang Sosialisasi Strategi Mitigasi Bencana di Desa Sudimoro

Mahasiswa KKN Untidar Gandeng BPBD Kabupaten Magelang Sosialisasi Strategi Mitigasi Bencana di Desa Sudimoro

Mahasiswa KKN Untidar Bersama BPBD Kab. Magelang: Sosialisasikan Strategi Mitigasi Bencana di Desa Sudimoro-Burhan Sugiono-Magelang Ekspres

Menyikapi hal tersebut, Ketua Tim KKN Desa Sudimoro, Raditya Purna Nugraha mengatakan, “Sosialisasi ini menjadi bagian dari upaya pemerintah dan mahasiswa guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang potensi risiko bencana erupsi gunung meletus,” imbuhnya.

“Serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi dampaknya, kami berharap pihak LPBD Desa Sudimoro nantinya bisa meningkatkan antisipasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana erupsi gunung merapi,” tambahnya.

Ibu Muflichah  Roychani, S.T., M.M. selaku pemateri memaparkan beberapa materi terkait pengertian bencana secara umum, jenis-jenis bencana, sebaran potensi bencana yang terjadi di Kab. Magelang.

Lalu, dilanjutkan dengan pemberian edukasi terkait mitigasi bencana dan upanya penanganan pra dan pasca bencana.

BACA JUGA:14.200 Mahasiswa Untidar Magelang Ikuti KKN Literasi dan Pemberitaan Digital

“Pihak BPBD memberikan sedikit strategi dalam upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana erupsi gunung merapi, seperti langkah-langkah yang harus dilakukan oleh LPBD dan masyarakat desa ketika terjadi bencana erupsi gunung merapi baik pra bencana maupun pasca bencana.” jelas Raditya Putra Nugraha.

Menindaklanjuti program kerja ini, Pemerintah Desa Sudimoro yang diwakili oleh Bapak Muh Rofie selaku Kepala Desa melakukan serah terima secara simbolik.

Berupa peralatan Gergaji Mesin dan dan peratalan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) kepada LPBD (Lembaga Penanggulangan Desa) Desa Sudimoro, yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk penanganan bencana kebakaran dan pohon tumbang.

Adapaun hasil dari sosialisasi ini adalah sebagai berikut :

1. Masyarakat terutama LPBD Desa Sudimoro memahami pentingnya mitigasi bencana terutama di Desa Sudimoro yang termasuk salah satu desa rawan bencana Gunung Merapi.

2. Masyarakat bersedia ikut serta menjaga alam sekitar untuk mengurangi risiko terjadinya bencana alam lain yang diakibatkan oleh kesalahan manusia.

BACA JUGA:Awal 2023, 504 Mahasiswa Untidar Diterjunkan KKN di Wilayah Magelang

3. Masyarakat sepakat untuk menaati setiap arahan yang diberikan oleh pihak berwenang melalui LPBD Desa ketika terjadi bencana.

“Semoga dengan dilaksanakan sosialisasi mitigasi bencana ini dapat memberikan wawasan dan ilmu yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sudimoro dalam menghadapi potensi bencana erupsi gunung merapi,” pungkas Raditya Putra Nugraha. 

Sosialisasi mitigasi bencana ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Tidar Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: universitas tidar