Malam Resepsi Puncaki HPN 2024 Pewarta Purworejo

Malam Resepsi Puncaki HPN 2024 Pewarta Purworejo

PUNCAK HPN. Malam Resepsi menjadi puncak Peringatan HPN Tahun 2024 Pewarta Purworejo di Ganeca Convention Hall.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Purworejo dipuncaki dengan Malam Resepsi di Ganeca Convention Hall pada Rabu (28/2).

Kendati digelar sederhana, acara tersebut diharapkan mampu mengangkat kembali semangat soliditas para wartawan dan kemartabatan pers di Kabupaten Purworejo.

Malam resepsi berlangsung khidmat dalam suasana kekeluargaan dan dihadiri langsung Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH, beserta perwakilan jajaran Forkopimda, pimpinan OPD, serta mitra dan relasi Pewarta Purworejo.

BACA JUGA:Pasar Tani di Purworejo Perkuat Rantai Pasok Lokal, Bupati Minta Sinergitas Sektor Pertanian Ditingkatkan

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan hadiah bagi para pemenang lomba karya jurnalistik, foto, dan video blog, serta kejuaraan tenis meja oleh Bupati, Kadin Kominfostasandi Yudhie Agung Prihatno, dan Ketua Pewarta Daniel Raja Here.

Bupati dalam sambutannya berharap agar momentum HPN tahun ini semakin mendewasakan pers Indonesia untuk berkontribusi dalam pembangunan.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers yang secara konsisten menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi, termasuk mengawal Pemilu Serentak 2024 yang baru saja kita jalani," katanya.

Diungkapkan, pemerintah menyadari berbagai tantangan yang dihadapi oleh insan pers di era digital. Karena itu, pemerintah terus berupaya untuk mendukung ekosistem pers yang adaptif dengan tetap menghormati kebebasan pers.

BACA JUGA:Pengetan Jumenengan Ajak Generasi Muda Pahami Sejarah, Dua Sendratari Tersaji dalam Suasana Sakral

Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir ini dunia pers menghadapi tantangan yang sangat besar dengan hadirnya media sosial. Semua orang dari semua kalangan, hampir setiap hari berselancar dan mengakses media sosial.

Tak sedikit pula informasi yang membuat kegaduhan, penuh dengan caci maki dan fitnah, yang memecah-belah masyarakat dan bahkan mengancam persatuan bangsa.

"Dalam kondisi demikian, pers harus mampu meluruskan hal yang bengkok, serta menjernihkan kekeruhan yang terjadi. Kita harus yakin bahwa kondisi seperti ini justru akan semakin mendewasakan dan mematangkan kita, serta menjadikan kita tahan uji dari berbagai tantangan," ungkapnya.

Bupati berharap agar pers mampu terus berkontribusi terhadap pembangunan daerah dan agenda-agenda besar bangsa dan mampu beradaptasi dengan perubahan. Selain itu juga tetap menghasilkan karya-karya jurnalistik berkualitas, cepat, akurat, dan tidak terjebak pada sikap pragmatis yang menggerus integritas.

Ketua Pewarta Purworejo, Daniel Raja Here menyampaikan, HPN sebetulnya diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres