Rencana Pemberian Bonus Atlet Kota Magelang Dilakukan Sistem Mencicil, Diklaim Bisa Timbulkan Masalah Baru

Rencana Pemberian Bonus Atlet Kota Magelang Dilakukan Sistem Mencicil, Diklaim Bisa Timbulkan Masalah Baru

KONI Kota Magelang menggelar audiensi dengan Komisi C DPRD, soal usulan pencairan bonus atlet berprestasi, Rabu 19 Oktober 2023 lalu-HUNI WEJANG-MAGELANG EKSPRES

"Akan kita dorong jika tidak menyalahi aturan. Kami juga ada batas kewenangan dan koridor, tapi akan tetap kami optimalkan. Harapannya ada revisi anggaran kaitannya untuk menutup pemberian uang prestasi yang tidak tersampaikan di tahun ini. Kita akan bawa proses ini dengan skema plan mana yang paling baik," ungkapnya.

BACA JUGA:Bonus Atlet Kota Magelang Bisa Dicairkan dari APBD 2024

Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang HIR Jatmiko turut menambahkan, pemberian apresiasi bonus adalah kewajiban yang harus diberikan kepada para atlet.

Ia juga mendesak agar eksekutif Pemkot Magelang introspeksi. Pasalnya, dirinya mencirum adanya gelagat kesengajaan penerapan skenario tertentu, sehingga mengakibatkan atlet-atlet berprestasi di Kota Magelang gagal menerima bonus di tahun 2023.

"Pemkot Magelang perlu introspeksi. Jika memang niat ngasih bonus, seharusnya sedari awal sudah diproyeksi, tidak tertunda-tunda bahkan terkesan tidak dipikirkan seperti ini," ujarnya.

BACA JUGA:Ini Alasan Pemkot Magelang Enggan Bayar Bonus Atlet Porprov 2023

Jatmiko pun meminta Pemkot Magelang untuk sama-sama berkomitmen menuntaskan pencairan bonus atlet berprestasi pada Porprov 2023 lalu.

"Yang perlu kita pikirkan bersama saat ini, semua bisa dilakukan asal memang berkomitmen. Jangan seperti kemarin-kemarin, terkesan 'nggampangke' tapi ada tanda tanya besar, apakah ini skenario atau bagaimana,” ungkapnya.

Menurut Jatmiko, olahraga tidak bisa disamakan dengan bisnis atau bahkan wirausaha. Keduanya adalah hal yang sangat berbeda.

"Bicara olahraga tidak boleh mengkiblatkan untung dan rugi. Menurut saya, yang terpenting tidak cuma soal janji, tapi Pemkot Magelang juga punya komitmen besar, memang bonus atlet ini akan dicairkan," tandasnya.

BACA JUGA:Bonus Atlet Kota Magelang Gagal Cair, Ketua KONI : Padahal Proposal Sudah Sesuai Prosedur

Seperti diberitakan, Pemkot Magelang berkomitmen untuk mencairkan bonus atlet berprestasi dua tahap sepanjang tahun 2024. Alokasi pertama berasal dari APBD 2024, dan alokasi tahap kedua berasal dari APBD Perubahan tahun 2024.

Adapun mekanismennya, APBD 2024 dialokasikan sebesar Rp1,2 miliar dan disusul dari APBD Perubahan sebesar Rp1,2 miliar, dengan asumsi kebutuhan untuk bonus atlet dan pelatih Porprov 2023 sebesar Rp2,4 miliar.

KONI Kota Magelang sendiri dialokasikan mendapatkan dana hibah dari Pemkot Magelang sebesar Rp2 miliar pada APBD 2024. 

BACA JUGA:Peraih Medali Emas Asean Games Terima Bonus Dari Pemkab Temanggung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres