APTI Temanggung Minta Pemerintah Lebih Peduli terhadap Petani Tembakau

APTI Temanggung Minta Pemerintah Lebih Peduli terhadap Petani Tembakau

RAWAT. Salah seoerang petani tembakau sedang merawat tanaman tembakau di ladangnya.-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

BACA JUGA:Pemkab Magelang Edukasi Cukai Tembakau Lewat Festival Budaya

Di tengah optimisme menanam tembakau, petani berharap pemerintah tetap menjaminkeberlangsungan komoditas yang telah menjadi sumber penghidupan mereka.

KetuabAsosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) DPC Temanggung, Siyamin menekankan bahwa tembakau adalah satu-satunya komoditas andalan yang menjadi penopang perekonomian masyarakat Temanggung.

Maka, sudah sejatinya pemerintah berkomitmen hadir dan berperan melindungikeberlangsungan tembakau.

Kabupaten Temanggung mempunyai wilayah sebagian besar dataran tinggi kerena terletak di bagian dari Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Secara umum daerah tersebut memiliki suhu lebih rendah dan air lebih terbatas dibanding daerah-daerah yang letaknya lebih rendah, lebih-lebih padamusim kemarau. Tidak semua jenis tanaman dapat hidup dan berkembang denganbaik.

Salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan hasil yang baikadalah tembakau.

BACA JUGA:Petani hingga Pedagang Tembakau di Temanggung Diberi Pelatihan, Terbagi Dua Tahap

“Jadi, tembakau telah menjadi warisan, budaya, dan bagian dari keseharian masyarakat Temanggung yangmemberikan manfaat luar biasa sehingga keberlangsungannya harus dilindungi,” sebut Siyamin.

Di Temanggung, produksi tembakau dilakukan padabulan Maret - September mulai dari proses menanam benih hingga pasca musimtembakau.

Tembakau adalah komoditas yang juga cocok ditanam di lahan yang cocok ditanami kopi. Pun, tembakau bisa ditanam dengan sistem tumpang sari denganbeberapa jenis tanaman lainnya seperti cabai dan sayuran yang pohonnya tidakterlalu tinggi.

Dengan demikian, menanam tembakau, secara otomatis petani turut menjadi produktif. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres