Panen Tembakau Tiba, Pasokan Gas 3 Kilogram di Temanggung Ditambah 90 Ribu Tabung

Panen Tembakau Tiba, Pasokan Gas 3 Kilogram di Temanggung Ditambah 90 Ribu Tabung

AKTIVITAS. Salh seoerang pekerja sedang beraktivitas dislah satu agen tabung gas di Temanggung. -Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pasokan gas tabung 3 kilogram atau gas melon di Temanggung ditambah sebanyak 90 ribu tabung selama musim panen raya tembakau 2023.

Kepala Bagian Perekonomian, Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung Fita Parma Dewi mengatakan penambahan tabung melon sebanyak 90 ribu ini, akan didistribusikan selama panen raya tembakau yang biasanya dilaksanakan pada bulan Agustus dan September.

"Saat panen raya tembakau aktivitas masyarakat meningkat, sehingga kebutuhan akan bahan bakar tabung gas juga mengikuti," katanya, Rabu, 2 Agustus 2023.

BACA JUGA:DPRD Temanggung: Peningkatan PAD, Berimbas pada Peningkatan Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat

Ia mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah mengajukan penambahan ini ke Pertamina Regional Semarang. Pengajuan permohonan penambahan tabung gas melon ini berdasarkan pengalaman tahun tahun sebelumnya, yang mana saat petani mulai panen raya penggunaan tabung melon selalu mengalami peningkatan.

Dijelaskan, peningkatan penggunaan tabung melon ini bukan untuk produksi tembakau, melainkan untuk memenuhi kebutuhan logistik makanan selama panen berlangsung.

"Pengolahan tembakau itu memakan waktu dan tenaga kerja yang cukup banyak, sehingga kebutuhan untuk masak memasaknya juga meningkat, sehingga kebutuhan tabung melon juga meningkat," jelasnya.

Menurutnya, permintaan tabung melon selama musim panen tembakau biasanya meningkat. Kenaikan dari bulan biasanya berkisar pada 5 sampai 6 persen.

BACA JUGA:Air Terjun Curug Titang Temanggung Surga Tersembunyi yang Mirip dengan Colombia

Dijelaskan, pada bulan biasa di luar musim panen tembakau permintaan mencapai 2300 an metrik ton, kemudian kalau memasuki masa panen tembakau, khususnya Agustus bisa mencapai 2500 metrik ton. Sehingga kenaikan bisa mencapai 30.000 tabung selama musim panen.

Ia mengatakan, kenaikan paling tinggi tahun lalu terjadi pada Agustus, sementara September sudah mulai turun kembali. Oleh karena itu membutuhkan kuota tambahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selama ini lanjutnya, pihaknya selalu mengkoordinasikan dengan Pertamina ataupun ESDM apabila ada perubahan kuota. Supaya tersedia dan tidak ada kekurangan atau kelangkaan.

“Di Temanggung ada 26 agen dan 1012 pangkalan tersebar di 20 kecamatan se-Temanggung. Persebaran penjualan tertinggi ada di daerah sentra tembakau,” jelasnya.

Sedangkan kuota tabung melon di Kabupaten Temanggung tahun 2023 sejumlah 27.046 metrik ton atau 9 juta tabung. Dengan harga eceran tertinggi Rp15.500 per tabung untuk pembelian langsung di agen. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres