Kenali Ciri-ciri Lowongan Kerja Bodong Berikut Ini! Pastikan Kamu Tidak Tertipu

Kenali Ciri-ciri Lowongan Kerja Bodong Berikut Ini! Pastikan Kamu Tidak Tertipu

Kenali Ciri-ciri Lowongan Kerja Bodong--Freepik

Biasanya, perusahaan membagikan informasi lowongan kerja di media massa maupun media sosial, seperti Facebook, Instagram, maupun platformatau websote pencarian kerja.

Jadi, jika kamu mendapatkan informasi lowongan kerja melalui chat di mana yang mengirimkan aalah nomor tidak dikenal, maka kamu patut mewaspadainya.

Kamu perlu melakukan pengecekan terhadap nomor tersebut melalui aplikasi pelacak nomor handphone. Kamu pun bisa menanyakan informasi tersebut kepada perusahaan yang namanya disebutkan tersebut melalui email ataupun langsung menghubungi HRD atau recruiternya.

5. Meminta Biaya pada Pelamar 

Nyatanya, di luar sana masih terdapat perusahaan atau pihak yang tidak jujur mencoba memanfaatkan orang-orang yang mencari pekerjaan. Salah satu yang dilakukan mereka adalah dengan cara meminta uang dari pelamar sebagai biaya administrasi atau pendaftaran palsu.

Mereka bahkan mengancam bahwa pelamar tidak akan diproses jika mereka tidak membayar. Jangan tertipu oleh lowongan kerja bodong seperti ini!

BACA JUGA:Menjaga Kreativitas Dapur: Tips bagi Ibu Agar Anak Tidak Cepat Bosan Dengan Olahan Sayur yang Beragam

Pastikan kamu selalu waspada dan melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengirimkan uang atau membayar biaya apa pun. 

Itulah tadi beberapa ciri-ciri lowongan kerja bodong atau scam yang telah Magelang Ekspres rangkum. Jika kamu menemui salah satu di antaranya, tetap berhati-hati ya! Jangan lupa juga untuk selalu teliti agar kamu tidak terkena tipu lowongan kerja bodong tersebut.

Carilah informasi lowongan kerja di situs-situs yang resmi dan terpercaya. Semoga rejekimu ada di situ. Semangat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: