Kenali Ciri-ciri Lowongan Kerja Bodong Berikut Ini! Pastikan Kamu Tidak Tertipu

Kenali Ciri-ciri Lowongan Kerja Bodong Berikut Ini! Pastikan Kamu Tidak Tertipu

Kenali Ciri-ciri Lowongan Kerja Bodong--Freepik

Penting bagi pelamar untuk mengecek kontak yang mengirim pesan atau menelponmu. Apakah terpercaya atau tidak. Kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi pelacak nomor telepon. 

2. Undangan Interview Menggunakan Bahasa yang Tidak Tertata 

Umumnya, perusahaan selalu menulis surat sesuai dengan pedoman penulisan. Hal tersebut bertujuan agar pembaca mudah memahami isi surat ataupun instruksi yang diberikan oleh perusahaan.

Nah, jika setelah kamu melamar tiba-tiba kamu mendapatkan undangan interview dengan bahasa yang tidak jelas, alay, ataupun menggunakan penulisan yang sulit dipahami.

BACA JUGA:Viral! Ibu-Ibu Jajan di Angkringan Borobudur Habis Rp169 Ribu Padahal Cuma Jajan Ini, Cek Faktanya

Bisa jadi itu merupakan scam atau penipuan atas nama lowongan pekerjaan.

Untuk mengantisipasinya, kamu perlu benar-benar teliti dan jangan langsung percaya, cek dulu kebenarannya. Kamu bisa menanyakan pada kontak recruiter jika ada, atau mengirim email ke perusahaan mengenai kebenaran pesan tersebut apakah undangan interview itu benar atau tidak.

3. Perusahaan Menggunakan Domain Email Gratisan

Perusahaan biasanya memiliki website profesional sendiri. Namun, kamu perlu berhati-hati jika menemui website perusahaan yang menggunakan domain gratisan. Terlebih saat mereka membuka lowongan pekerjaan. Itu adalah salah satu ciri dari lowongan kerja scam.

Seperti halnya perusahaan-perusahaan bodong menggunakan email dan website gratis yang mirip dengan domain perusahaan yang sebenarnya.

Dilansir dari berbagai sumber, jika situs web menggunakan nama domain yang meniru perusahaan, menggunakan tanda hubung, atau simbol-simbol yang tidak biasa, itu menunjukkan bahwa situs tersebut tidak dapat dipercaya.

Misalnya, seperti nama domain Amaz0n atau NikeOutlet, atau menggunakan domain gratisan seperti gmail.com, yahoo.co.id, dan sebagainya.

Biasanya, situs yang aman akan menampilkan ikon gembok terkunci di sebelah kiri alamat url website. Jadi, kamu harus selalu teliti ya!

4. Mengirim Broadcast Lowongan Pekerjaan Melalui Pesan Singkat 

Tentunya perusahaan memiliki Standart Operational Procedure yang baik untuk mengirimkan pesan pada setiap stakeholder perusahaan, termasuk juga mengirimkan informasi tentang lowongan pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: