Potensi Koalisi Gerindra dan Demokrat Makin Besar Usung Calon Ini di Pilgub Jateng

Potensi Koalisi Gerindra dan Demokrat Makin Besar Usung Calon Ini di Pilgub Jateng

MESRA. Elit Partai Gerindra dan Partai Demokrat Jawa Tengah terlihat mesra menggelar diskusi politik di tengah suasana halal bihalal di Kantor DPD Partai Gerindra Jawa Tengah-IST-MAGELANG EKSPRES

Sesuai UU No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, Partai Gerindra dan Partai Demokrat sudah cukup memenuhi ambang batas partai pengusung bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, yakni minimal 20 persen dari total kursi DPRD Provinsi Jawa Tengah.

“Partai Gerindra memiliki 17 kursi sedangkan Partai Demokrat di Jawa Tengah meraih 7 kursi. Kalau digabung maka ada 24 kursi yang sudah cukup untuk mengusung calon," paparnya.

BACA JUGA:Dian Mega Aryani Peroleh Suara Terbanyak di Dapil 3 Magelang Utara

Kendati demikian, pihaknya tetap membuka kesempatan kepada partai lain jika ingin bergabung dalam koalisi.

“Kami selalu terbuka menerima teman-teman partai lain untuk bergabung dengan koalisi ini. Kita bisa saling kerja sama untuk membangun Jawa Tengah,” katanya.

Selain menatap Pilgub Jateng, Sudaryono mengaku bahwa kerja sama ini tidak menutup kemungkinan diteruskan hingga ke tingkat pemilihan walikota maupun pemilihan bupati di kabupaten/kota di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Soal Pencurian MCB Lampu PJU, DPRD Angkat Bicara

Seperti diketahui bahwa pada Pilkada serentak nanti, kabupaten/kota juga akan melaksanakan kontestasi politik tersebut.

"Kerja sama ini tentu saja akan dilanjutkan ke level kabupaten/kota, di mana di sana juga mengadakan pemilihan bupati/walikota. Akan dikembangkan ke daerah-daerah," ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD Demokrat Jateng, Rinto Subekti mengaku senang jika Partai Demokrat bisa berkoalisi dengan Partai Gerindra.

Pasalnya, dengan raihan 7 kursi di DPRD Provinsi Jawa Tengah, maka Partai Demokrat harus berkoalisi jika hendak mengusung salah satu bakal calon nanti.

“Kerja sama dengan Partai Gerindra tentunya akan membuat kami nyaman," terang Rinto.

BACA JUGA:GAWAT! MNC Larang Nobar Timnas vs Uzbekistan, Melanggar Bisa Kena Sanksi Pidana dan Denda Rp1 Miliar

Meski rekomendasi koalisi tetap berada di tangan DPP Partai Demokrat, akan tetapi secara eksplisit pihaknya menilai bahwa sosok Sudaryono sangat potensial untuk maju menjadi calon Gubernur Jawa Tengah.

"Mas Sudaryono ini sosok potensial karena masih muda dan mampu memenangkan Prabowo-Gibran pada Pilpres lalu. Dari situ kita juga berpikir bagaimana Mas Sudaryono bisa dicalonkan, meskipun kita juga melakukan penjajakan calon internal,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres